Sabtu, 20 April 2019

RPS Akhlak Tasawuf


RENCANA PEMEBALJARAN SEMESTER (RPS)



Mata Kuliah : Akhlak Tasawuf                       
Semester : II                                                       
Bobot  (SKS) : 2                                                 
Kode MK : IM2008
Program Studi : Tadris IPS Ekonomi                                                                        
Dosen Pengampu : H. Lalu Agus Satriawan, Lc., M.Ag.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)      :          

  1. Agar mahasiswa menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin.
  2. Agar mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam pada mata pelajaran IPS di sekolah/ madrasah.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)      :          

  1. Agar mahasiswa memahami esensi akhlak tasawuf dan kedudukannya dalam struktur pengetahuan keislaman serta keberadaanya masa sekarang dan yang akan datang.
  2. Agar mahasiswa mampu menghargai nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat dengan bijaksana.

Deskripsi Mata Kuliah         :          
Mata Kuliah Akhlak Tasawuf bertujuan membentuk sikap dan perilaku yang dibutuhkan oleh pendidik sebagai tenaga profesional dan didesain untuk membantu menumbuh-kembangkan konstruksi pemikiran mahasiswa dalam menghadapi tantangan globalisasi dunia saat ini. Dalam arti bahwa di samping tasawuf dipandang sebagai sebuah metodologi berpikir, tasawuf merupakan sebuah model pengalaman penghayatan praksis, yang pada akhirnya akan melahirkan akhlak, al-takhalluq bi akhlāq Allah. Oleh karena itu deskripsi kesejarahan, acuan normatif, metodologi pengkajian, dan tipologi-tipologi pemikiran tasawuf dari waktu ke waktu menjadi hal yang penting untuk diketengahkan dalam perkuliahan.
Tanpa modal Akhlak Tasawuf mahasiswa akan mengalami kekeringan model berpikir karena hanya mengandalkan rasionalitas. Sebaliknya, dengan akhlak tasawuf, akan membekali cara berpikir dan bersikap mahasiswa secara lebih arif dan bijaksana tanpa mengurangi semangat dan daya kritisnya.




Minggu
Ke
Kemampuan Akhir Tiap Tahap Pembelajaran (Kompetensi Dasar)
Bahan Kajian (Materi)
Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Deskripsi Tugas
Kriteria Indikator
Referensi
1.
Memahami orientasi perkuliahan
Akhlak Tasawuf dan tata laksana perkuliahan selama satu semester.
Kontrak dan Orientasi Perkuliahan
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara individu mahasiswa harus mencatat rambu-rambu perkuliahan dan tugas-tugas yang dibebani selama satu semester.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Mengidentifikasi arah, tujuan, dan bahasan-bahasan Akhlak Tasawuf selama satu semester.
2.   Memahami rambu-rambu perkuliahan.
3.   Memahami tugas-tugas yang dibebani selama perkuliahan.

2.
Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan Akhlak, Etika, Moral, dasar, tujuan, dan proses pembentukan akhlak.
Pemahaman tentang Orentasi tentang Akhlak
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan Pengertian Akhlak, Etika, Moral secara bahasa maupun istilah.
2.  Menjelaskan Pengertian Ilmu Akhlak.
3.  Menguraikan Dasar-dasar Akhlak.
4.  Mendeskripsikan tujuan Akhlak.
5.  Menjelaskan Hikmah Mempelajari Ilmu Akhlak.
6.  Menguraikan proses pembentukan akhlak.
5, 6, 7,  9, 12, 15, 18, 20.
3.
Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan hubungan Ilmu Akhlak dengan beberapa disiplin ilmu lainnya.
Pemahaman tentang hubungan Ilmu Akhlak dengan Ilmu-Ilmu Lainnya.

Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan hubungan Ilmu Akhlak dengan Filsafat.
2.  Menjelaskan hubungan Ilmu Akhlak dengan Psikologi.
3.  Menjelaskan hubungan Ilmu Akhlak dengan Sosiologi.
4.  Menjelaskan hubungan Ilmu Akhlak dengan Ilmu Hukum.
5.  Menjelaskan hubungan Ilmu Akhlak dengn Ilmu Tasawuf.
6.  Menjelaskn hubungan Ilmu Akhlak dengan Ilmu Pendidikan.
7.  Menjelaskan hubungan Ilmu Akhlak dengan Akidah dan Ibadah.
5, 6, 7,  9, 12, 15, 18, 20.
4.
Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kedudukan akhlak dalam Islam.
Pemahaman tentang Kedudukan Akhlak dalam Islam
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan eksistensi Akhlak.
2.  Menguraikan urgensi akhlak dalam Islam.
3.  Menjelaskan landasan akhlak dalam Islam.
4.  Mengidentifikasi ciri-ciri Akhlak Islam.
5.  Menguraikan sistem penilaian akhlak dalam Islam.
6.  Menjelaskan risalah Rasulullah untuk menyempurnakan akhlak.
7.  Mengidentifikasikan problematika akhlak di Era Globalisasi.
5, 6, 7,  9, 12, 15, 18, 20.
5.
Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan pengertian, indikator, dan aliran-aliran filsafat dalam akhlak tentang baik dan buruk.
Pemahaman tentang Kriteria Baik dan Buruk dalam Akhlak
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan pengertian baik dan buruk.
2.  Menguraikan indikator baik dan buruk.
3.  Menjelaskan aliran-aliran filsafat dalam akhlak.
5, 6, 7,  9, 12, 15, 18, 20.
6.
Memahami berbagai permasalahan yang berhubungan dengan pengertian, ruang lingkup, dan sumber-sumber normatif tasawuf.
Tasawuf dan Ruang Lingkupnya
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.     Mendefinisikan pengertian tasawuf secara bahasa dan istilah.
2.     Menguraikan akar, subyek, manfaat, dasar, dan rukun-rukun tasawuf.
3.     Menjelaskan perbedaan sufi, mutashawwif, dan mustashwif.
4.     Menguraikan sumber-sumber qur’ani dan hadis nabawi tasawuf.
2, 3, 5, 11, 12, 18, 19, 24, 26
7.

UTS

100 menit



8.
Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan al-Maqamat dan al-Ahwal.
Pemahaman tentang maqamat dan ahwal
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan pengertian Maqamat.
2.   Menjelaskan macam-macam maqamat.
3.   Menjelaskan pengertian ahwal.
4.   Menjelaskan macam-macam ahwal.
5.   Menjelaskan hubungan antara maqamat dan ahwal.
6.   Menjelaskan signifikansi maqamat dan ahwal dalam tasawuf pada masa kini.
1, 2, 3, 5, 11, 12, 18, 19, 23, 24, 25, 26
9.
Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan klasifikasi tipologi tasawuf dan tarekat sufistik.
Pemahaman seputar Tasawuf Amali Tarekat-Tarekat Sufistik
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan klasifikasi tipologi tasawuf.
2.  Menjelaskan definisi tarekat secara bahasa maupun istilah.
3.  Menjelaskan macam-macam aliran tarekat dengan ciri khas masing-masing.
4.  Menjelaskan praktik tarekat sufistik pada masa kini.
2, 3, 4, 5, 10, 12, 16, 19, 21, 23,  26
10.
Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan peran, tugas, dan urgensi mursyid (guru spiritual) bagi murid dan adab serta tugas seorang murid.
Hubungan Guru (Mursyid) dan Murid
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan peran guru mursyid bagi murid dalam tasawuf.
2.  Menjelaskan urgensi guru spritual (mursyid) bagi murid.
3.  Menjelaskan adab dan tugas murid.
4.  Menjelaskan tugas dan syarat seorang mursyid dalam membimbing murid.
5.  Menjelaskan signifikansi seorang mursyid (guru spiritual).
2, 2, 3, 4, 5, 10, 12, 16, 19, 21, 23,  26
11.
Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan corak dan metode tasawuf al-Ghazali.
Pemahaman tentang Tasawuf Akhlaqi al-Ghazali
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan secara singkat biografi al-Ghazali.
2.  Mengidentifikasikan karya-karya al-Ghazali.
3.  Menjelaskan corak tasawuf al-Ghazali.
4.  Menjelaskan metode tasawuf al-Ghazali.
5.  Menjelaskan kontribusi al-Ghazali.
6.  Menjelaskan kritik yang dialamatkan kepada al-Ghazali.
1, 2, 3, 5, 11, 12, 18, 19, 23, 24, 25, 26
12.
Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan pemikiran tasawuf falsafi Ibn Arabi yang berkaitan dengan transendensi dan imanensi tuhan, aktualisasi asma’ Allah dan menjadi manusia sempurna.
Tasawuf Falsafi Ibn Arabi
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.  Menjelaskan secara singkat biografi Ibn Arabi.
2.  Mengidentifikasikan karya-karya Ibn Arabi.
3.  Menjelaskan transendensi dan imanensi Tuhan.
4.  Menjelaskan aktualisasi asma’ Tuhan pada Insan Kamil (Manusia Sempurna).
5.  Menjelaskan bagaimana menjadi manusia sempurna.
2, 3, 5, 8, 11, 13, 17, 19, 21, 22, 23, 26
13.
Memahami berbagai hal yang berhubungan dengan Tasawuf di Indonesia
Pemahaman tentang sejarah tasawuf di Indonesia
Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
100 menit
Secara kelompok, mahasiswa ditugaskan untuk mendiskusikan materi yang diberikan dan salah seorang mempresentasikan hasil diskusi kecil.
Secara individu, mahasiswa ditugaskan untuk mereview materi diberikan dalam bentuk peta konsep.
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan munculnya tasawuf di Indonesia.
2.   Menjelaskan sejarah perkembangan tasawuf di Indonesia.
3.   Menjelaskan tokoh-tokoh tasawuf dan pemikirannya.
4.   Menjelaskan aliran-aliran/tipe-tipe tasawuf yang berkembang di Indonesia.
1, 2, 14, 18, 19, 21, 24
14.

UAS

100 menit








DAFTAR REFERENSI

1.      A. Bachrum Rif’i dan Hasan Mud’is, Filsafat Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

2.      A. Rifa’i Siregar, Tasawuf: dari sufisme Klasik ke Neo-Sufisme. Jakarta: Rajawali Press, 2000.
3.      Abu al-Wafa al-Ghanimi al-Taftazani, Sufi dari Zaman ke Zaman. Bandung: Pustaka, 1985.
4.      Abubakar Aceh, Pengantar Ilmu Tarekat, Solo: Ramadani, 1994.
5.      Abudin Nata, Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia, Jakarta: Rajagrapindo Persada, 2015.
6.      Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak), Jakarta: Bulan Bintang, 1987.
7.      Ahmad Charris Zubair, Kuliah Etika, Jakarta: Rajawali Pers,1990.
8.      Annemarie Schimmel, Dimensi Mistik dalam Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 198.
9.      Asmaraman AS, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Rajawali Pers, 1992.
10.  Dadang Kahmad, Tarekat dalam Islam: Spiritualitas Masyarakat Modern,Bandung: Pustaka Setia, 2002.
11.  Harun Nasution, Fisafat dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1995.
12.  Kasmuri Selamat dan Ihsan Sanusi, Akhlak TasawufJakarta: Kalam Mulia, 2013.
13.  Kautsar Azhari Nur, Tasawuf Perenial: Kearifan Kritis Kaum Sufi. Jakarta: Serambi, 2002.
14.  M. Sholihin, Sejarah dan Pemikiran Tasawuf di Indonesia (Bandung: Pustaka Setia, 2001).
15.  M. Yatimin Abdullah, Pengantar Studi Etika, Jakarta: RajaGrapindo Persada, 2006.
16.  Mir Valiuddin, Zikir dan Kontemplasi dalam Tasawuf, Bandung: Pustaka Hidayah, 1997.
17.  R.A. Nicholson, Mistik dalam Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.
18.  Rosihon Anwar, Akhlak Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 2010.
19.  Samsul Munir Amin, Ilmu Tasawuf. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2015.
20.  Samsul Munir Amin, Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah, 2016.
21.  Sayyid Husein Nasr, Ensiklopedia Tematis Spiritualitas Islam: Manifestasi. Bandung: Mizan, 2003.
22.  Seyyed Hossein Nasr (ed.), Ensiklopedi Tematis Spiritual, Bandung: Mizan, 2003.
23.  Simuh, Tasawuf dan Perkembangannya dalam Islam, Jakarta: RajaGrapindo Persada, 2002.
24.  Syamsun Ni’am. Tasawuf Studies: Pengantar Belajar Tasawuf. Yogyakarta: Arruzz Media, 2014.
25.  Tamami HAG. Psikologi Tasawuf. Bandung Pustaka Setia, 2011.
26.  Zaprulkhan. Ilmu Tasawuf: Sebuah Kajian Tematik. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2016.




PENILAIAN

Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah ini, perlu dilakukan evaluasi secara yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut

1.      Aspek Penilaian
a)      Pengetahuan
b)      Sikap
c)      Keterampilan

2.      Bobot Penilaian
a)
Absensi/keaktifan/diskusi/kedisiplinan
:
15
%
b)
Tugas (individu dan kelompok) 
:
30
%
c)
Ujian Tengah Semester
:
20
%
d)
Ujian Akhir Semester 
:
35
%
Jumlah
:
100
%









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akulah Angin...Engkaulah Api

  Akulah Angin... Engkaulah Api   Mari ke rumahku, Kekasih –sebentar saja! Gelorakan jiwa kita, Kekasih-sebentar saja! Dari Konya pancarkan ...